Pages

Sabtu, 08 Desember 2012

Sinopsis Novel "Semester Disaster" ,,



Judul Buku : Semester Disaster
Penerbit    : Bukune
Penulis      : Zakky Ramadhany
Tebal        : viii + 190 Halaman
Kategori    : Nonfiksi-Komedi
Tebal        : 190-halaman

Jangan bilang menjadi mahasiswa itu gampang. Lihat saja perjuangan Egi dan kawan-kawannya. Mereka tiap hari banting tulang guna mengikuti kelas yang membosankan. Mulai dari tingkah laku dosen yang nyeleneh bin ajaib, tugas-tugas yang seabrek banyaknya, hingga harus menjaga eksistensi di organisasi kemahasiswaan yang diikuti. Namun, hal tersebut tidak lantas membuat mereka kejang-kejang, hanya otaknya saja yang sedikit melenceng dari keadaan normal.
Egi merupakan mahasiswa fakultas ekonomi Universitas Tamansari atau biasa disingkat Utari. Memang, banyak yang mengasosiasikan kampus ini dengan sosok seorang wanita cantik karena namanya sangat feminim. Bahkan jika ada seeseorang yang bertanya kuliah dimana dan jawabannya kuliah di Utari maka akan ada beberapa kemungkinan dari skenario kelanjutan percakapannya. Mulai dari menganggap kuliah bareng Utari, sesosok cewek cantik, hingga kuliah bareng Cut Tari. Parahnya lagi, ada yang balik bertanya, “Emang ada ya kampus kayak gitu ?”
Di kampus, Egi memiliki seorang makhluk luar biasa yang ditakdirkan untuk menjadi temannya. Anda atau lengkapnya Anda Wira Purwadiningrat. Sebuah nama yang cukup aneh, hingga alhasil di hari pertama dan kedua kuliah sang teman sukses menipu dan membuat marah dosen dengan namanya panggilannya tersebut. “Siapa nama anda ?” tanya sang dosen. “Anda, Bu,” jawabnya. Arrrggh….!!! Sebuah jawaban yang cukup telak dan mampu membuat pusing lawan bicara.
Anda adalah salah satu anggota organisasi kampus bernama VOC alias Voice of College, sebuah organisasi mahasiswa yang bergerak di bidang jurnalistik dan pers. Begitu juga dengan dirinya, yang kerjaan  nya sudah pasti liputan, wawancara, nulis, bikin majalah hingga yang lainnya. Kalau lagi gak sibuk nulis, mereka berdua pasti disibukkan dengan rapat redaksi. Bedanya, Egi masih bisa baca koran layaknya orang normal, sedangkan Anda baca koran selalu terbalik. Menurut Anda cara seperti itu kreatif dan inovatif, menurut Egi justru cenderung primitif. Anda mempunyai semangat yang tinggi dalam dunia fotografi walaupun seringnya dapat pekerjaan level kondangan dan sunatan massal.
Layaknya mahasiswa lainnya, Egi pun merasakan yang namanya jatuh cinta. Tapi cintanya itu justru berlabuh kepada sosok Fifi, mahasiswi cantik dari organisasi taekwondo yang sudah memiliki pacar. Tapi Egi tidak ambil pusing, walau Fifi udah jadi milik orang, dirinya tetep kukuh pada rasa cintanya. TTM alias temen tapi mau. Alhasis dirinya mampu menutupi rasa takjubnya saat sedang berduaan dan berada tepat disamping Fifi. Meskipun hatinya saat itu sedang berkecamuk, dag dig dug. Fifi adalah mahasiswi Fakultas ilmu komunikasi, satu universitas dengan dirinya. Perkenalan mereka pun terkesan cukup unik dan kekanak-kanakan, namun begitulah awal mulanya. Hingga akhirnya mereka melanjutkan episode kisah cintanya dari satu episode ke episode lainnya.


          Di Utari, ternyata akan diadakan lomba foto dan esai bagi mahasiswa Utari, yaitu 5 hari setelah acara Pepes Kampus alias Pekan Pesta Kampus. Kesempatan itu tidak disia-siakan oleh Egi dan Anda.  Sayangnya Egi tidak bisa ikutan lomba esai itu karena ia berada di rumah sakit akibat tragedi konser saat pelaksanaan Pepes Kampus alias Pekan Pesta Kampus yg diadakan setiap tahunnya di Utari. Tapi Anda ikutan lomba foto.
Selain itu, tragedi konser saat pelaksaan Pepes Kampus alias Pekan Pesta Kampus di Utari juga sedikit banyak mempengaruhi kedekatan Egi dengan Fifi. Tragedi naas yang menimpa Egi yaitu keceplok telur busuk sampai benda tumpul yang mendarat di kepalanya yang sampai membuat ia pingsan dan dilarikan kerumah sakit, itulah alasan mengapa Egi tidak bisa ikut lomba esai.
Ketika pengumuman pemenang lomba foto dan esai, ternyata Juara 1 lomba foto dipegang oleh Anda. Walaupun Egi tidak bisa ikut lomba esai tapi ia merasa senang karena temannya bisa memenangkan lomba. Tapi Egi sangat terkejut ketika Retno( temannya Egi ) bilang ada foto dirinya terpampang jelas di dinding setelah panitia lomba selesai memasang foto-foto hasil karya para peserta , ternyata objek foto yang digunakan Anda untuk lomba adalah dirinya ketika keceplok telur busuk.
Walaupun Egi kena sial tapi ia bisa bahagia, Karena Egi akhirnya bisa mendapatkan Fifi setelah Fifi putus dengan pacarnya yang lama. Tepatnya 2 bulan setelah pengumuman pemenang lomba foto dan esai, walaupun terkesan konyol, tapi terbukti membawa manfaat bagi dirinya. Sang penulis, Zakky Ramadhany akan membawa pembaca menyusuri sepak terjang dan cerita konyol tokoh-tokohnya. Cukup efektif memberikan angin segar bagi para pencinta buku novel bergenre nonfiksi komedi.
Saat ini penulis sedang sibuk begadang sampai larut malam walau Bang Haji Rhoma Irama telah mengingatkan kalau bergadang itu boleh hanya kalau ada perlunya. Namun apa mau dikata, skripsweet aka skripsi harus diselesaikan tepat waktunya. Mau lebih jelasnya beli aja sendiri bukunya. Selamat membaca !!

0 komentar:

Poskan Komentar